Permohonan paspor ajijoy di kanim tasikmalaya

Berhubung kanim bandung sudah penuh antriannya sampai dengan tanggal 8 november, kudu cari alternatif kanim buat permohonan paspor ajijoy karena tiket udah terlanjur dibeli buat tanggal 12 nov nanti. Kalau bikin tanggal 8 november, paspor baru jadi tanggal 13 november ๐Ÿ™ˆ. setelah cari2 di mbah gugel, ketemu lah alternatif kanim. Kalau gak di jogja ya di tasik. Tapi kalau di jogja kok kayanya mahalan ongkos ke jogja daripada tiket buat jalan2 tanggal 12 november. Akhirnya saya memutuskan buat bikin paspor d tasik.

Berhubung ktp saya dan kk saya bandung, awalnya ragu takut ditolak karena saya g punya keterangan domisili. Cobain telpon ke call centre imigrasi gak diangkat2, coba telpon ke imigrasi tasikmalayanya g diangkat2 juga, alhamdulillah sekarang udah jaman socmed, coba mention @ditjen_imigrasi di twitter eh ternyata dijawab

   Ah love banget deh. Saya ambil gambar deh percakapan saya di twitter ini agar tidak ditolak d kanim tasikmalaya.
Hari h pembuatan paspor, saya berangkat dari bandung jam stengah 6, sampai di kanim tasikmalaya jam 8. Kanim masih tidak terlalu rame. Ternyata prosedurnya sama seperti pembuatan paspor di bandung dulu.  Ambil map dan formulir di koperasi, diisi dan diberikan ke satpam untuk dimasukan ke loket. Ga ada nomor antrian di kanim ini. Kalau formulir sudah masuk ke satpam, tinggal tunggu namanya dipanggil. Ga ada antrian khusus untuk manula atau anak kecil, tapi kalau ada petugas yang liat formulir kita, biasanya langsung mengarahkan satpamnya untuk memberi antrian khusus. Tapi pada saat itu antrian khususnya lebih lama karena petugasnya sedang tidak ada di tempat. 

Oh ya kalau mau bikin paspor di kanim tasikmalaya harus punya tiket pp ke luar negeri dulu. Kalau ga ada tiketnya kemungkinan besar ditolak, apalagi kalau ktpnya bandung. Jadi.. Kalau kepepet butuh paspor dan gak kebagian antrian di kanim bandung, kanim tasikmalaya bisa jadi alternatif yaaa. Tapi eh tapi ini gak berlaku kalau kanim tasikmalaya udah online yaaa..

Leave a comment